oleh

Rehab Trotoar Kota, Pemkab Grobogan Anggarkan 7,9 M

HARIANGROBOGAN.COM – Grobogan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Grobogan menganggarkan Rp 7,9 miliar untuk rehabilitasi trotoar kota Purwodadi. Dana sebesar itu, digunakan untuk membangun empat trotoar.

Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Indarto mengatakan, rehabilitasi penataan trotoar kota Purwodadi merupakan lanjutan dari pembangunan trotoar pada tahun 2018 lalu. Tahun, ini akan melakukan pembangunan revitalisasi trotoar Jalan R Soeprapto sebesar Rp 5 miliar, revitalisasi trotoar jalan MT Haryono Rp 2 miliar.

”Ditambah lagi revitalisasi Jalan Gatot Subroto Rp 500 juta dan Jalan Jendral Sudirman Rp 400 juta. Untuk anggaran sudah masuk tahun ini dan sedang proses pengajuan lelang,” kata Een Indarto melalui sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu.

Pembangunan revitalisasi trotoar Kota Purwodadi adalah program dari Bupati Sri Sumarni periode 2016-2021. Dimana penataan kota swieke akan diprioritaskan untuk dipercantik. Sebelumnya tahun 2018 lalu juga telah dibangun revitalisasi trotoar jalan R Soeprapto tahun pertama sebesar Rp 8,5 miliar. Kemudian penataan trotoar Kecamatan Brati Rp 200 juta, revitalisasi kecamatan Kedungjati Rp 200 juta, revitalisasi trotoar Kecamatan Wirosari Rp 154 juta.

”Untuk tahun ini juga ada penataan revitalisasi trotoar Kecamatan Geyer sebesar Rp 400 juta,” ujarnya.

Dia menambahkan, penataan trotoar merupakan program penataan lingkungan dan kebersihan di Pemkab Grobogan. Dimana penataan tidak hanya di Kota Purwodadi tetapi juga sampai ditingkat Kecamatan. Meski demikian, pembangunanya tidak bisa sekaligus karena Kabupaten Grobogan memiliki wilayah luas terdiri dari 19 Kecamatan dan 280 Desa/Kelurahan.

”Setiap Kecamatan nantinya pembangunanya akan bergantian menyesuaikan dengan dana dari APBD. Sehingga pembangunanya dilakukan secara bertahap,” terang dia.

Een menjelaskan, penataan revitalisasi trotoar di Jalan R Soeprapto Purwodadi akan selesai pada tahun ini. Dimana ada pada tahun pertama telah selesai dilaksanakan pada tahun 2018 lalu dan tahap kedua dilaksanakan pada tahun ini.

”Untuk tahun ini lebih mudah karena PKL disepanjang Jalan R Soeprapto telah pindah di pusat kuliner Purwodadi. Bagi pemenang lelang akan segera melakukan pembangunanya tanpa harus sosialisasi ke PKL,” tandasnya. (HG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed